About

Information

Selasa, 18 Juni 2013

AS Siap "Berhubungan Langsung" dengan Iran

Senin, 17 Juni 2013 - 00:39:40 WIB
AS Siap "Berhubungan Langsung" dengan Iran
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Washington) - Amerika Serikat (AS) menegaskan tetap siap untuk "berhubungan langsung" dengan Pemerintah Iran guna menyelesaikan kebuntuan dalam pembicaraan nuklir secara diplomatis, demikian pernyataan dari pihak Gedung Putih.

Pernyataan tersebut dikeluarkan tidak lama setelah calon presiden dari kubu moderat Iran, Hassan Rouhani, menang dalam pemilihan presiden negara Persia itu.

Gedung Putih juga menyatakan, Washington "menghormati suara rakyat Iran", dan mengucapkan selama kepada mereka atas "keikut-sertaan mereka dalam proses politik tersebut".

"Harapan kami lah bahwa Pemerintah Iran akan mendengarkan keinginan rakyat Iran dan membuat pilihan bertanggung-jawab yang menciptakan masa depan yang lebih baik buat semua rakyat Iran," kata Gedung Putih.

"Amerika Serikat tetap bersedia terlibat dengan Pemerintah Iran secara langsung guna mencapai penyelesaian diplomatik yang sepenuhnya akan mengatasi keprihatinan masyarakat internasional mengenai program nuklir Iran," kata Gedung Putih.

AS telah lama menuduh Teheran secara diam-diam membuat senjata nuklir, tapi Iran telah membantah tuduhan tersebut dan berkeras program nuklirnya semata-mata dimaksudkan untuk tujuan sipil.

Negara anggota P5+1 --lima anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) --AS, Prancis, Inggris, China dan Rusia-- ditambah Jerman telah mengadakan sejumlah babak perundingan dengan Iran guna menyelesaikan kebuntuan, tapi sejauh ini terobosan besar belum dicapai. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar