About

Information

Kamis, 27 Juni 2013

Hari Ini, Hercules Jalani Sidang Pleidoi

Kamis, 27 Juni 2013 - 10:48:48 WIB
Hari Ini, Hercules Jalani Sidang Pleidoi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Jakarta) - Sidang pledoi (nota pembelaan) atas terdakwa aksi premanisme Hercules Rozario Marshal (44) akan berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (27/06).

Kuasa Hukum pemuda asal Timor itu, Joao Meco melalui pesan singkat yang diterima wartawan di Jakarta, Kamis (27/06), mengatakan sidang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 11.00 Wib.

"Jadwal sidang jam 11.00 tapi mulainya jam berapa tergantung kesiapan hakim nanti," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hercules pada Senin (24/06) dituntut hukuman enam bulan penjara dikurangi masa tahanan sementara atas perbuatannya.

Tuntutan itu berdasarkan dakwaan Pasal 214 ayat (1) KUHP Jo Pasal 211 KHUP atas tindak pidana dengan ancaman kekerasan, memaksa pejabat untuk melakukan perbuatan tidak sah yang mana dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Tuntutan itu, jauh lebih ringan dibandingkan dakwaan sebelumnya yakni hukuman penjara sembilan tahun karena terdakwa berlaku sopan dalam persidangan dan memiliki tanggungan keluarga. Sementara alasan memberatkan dalam tuntutan itu adalah karena tindakan kedua terdakwa dalam mengganggu ketertiban umum.

Meski dituntut dengan hukuman enam bulan penjara, Joao bersama tim penasihat hukum yakin kliennya bisa bebas.

Apalagi, menurutnya, pasal tuntutan yang dikaitkan dengan fakta hukum yang terungkap dalam persidangan tidak memiliki bukti yang meyakinkan bahwa Ketua Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) itu benar-benar melawan aparat atau menggerakkan orang lain untuk melawan aparat.

"Namun semuanya kembali pada nurani Majelis Hakim yang memeriksa, mengadili dan memutus perkara ini. Sebagai penasehat hukum, kami berikhtiar membela sisi kebenaran yang dimiliki terdakwa sehubungan dengan persoalan yang dihadapi," katanya.

Hercules bersama sekitar 50 pengikutnya ditangkap dan ditahan Polda Metro Jaya setelah terlibat bentrokan dengan petugas di Kompleks Pertokoan Rich Place Jalan Meruya Ilir Nomor 34-40 Kelurahan Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (8/03) lalu. (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar