About

Information

Rabu, 19 Juni 2013

Inilah 17 Kosmetik Berbahaya Yang Harus Dihindari Masyarakat

Rabu, 19 Juni 2013 - 13:43:50 WIB
Inilah 17 Kosmetik Berbahaya Yang Harus Dihindari Masyarakat
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Gaya Hidup 


Komhukum (Purbalingga) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menghimbau masyarakat menghindari penggunaan 17 kosmetik yang dinyatakan berbahaya oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

"Ke-17 kosmetik berbahaya tersebut telah dirilis BPOM dalam siaran pers yang melampiri surat dari Balai Besar POM Semarang Nomor HM 03.03.955.05.13.2227.1 tanggal 31 Mei 2013 perihal 'Public Warning' dari Badan POM," kata Kepala Dinkes Purbalingga, Hanung Wikanto, di Purbalingga, Rabu (19/06).

Ia mengatakan 17 kosmetik yang dinyatakan berbahaya oleh BPOM ini mengandung bahan-bahan pemutih, antara lain merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol.

Menurutnya, pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran, dan kemandulan.

"Penggunaan merkuri pada awalnya seolah membuat flek hitam memudar. Padahal, bila pemakaian dihentikan, flek itu akan timbul lagi dan justru bertambah parah dan melebar, wajah justru semakin gelap dan kusam," katanya.

Jika kosmetik yang mengandung merkuri ini dipakai terus-menerus, kata dia, bisa mengakibatkan kanker dan kerusakan ginjal.

Menurut dia, penggunaan hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol juga dapat berdampak seperti menggunakan merkuri.

Dalam hal ini, lanjut dia, dampak minimal dari hidrokinon adalah iritasi dan kulit terbakar.

Ia mengatakan bahwa bahan-bahan kimia berbahaya ini juga mengakibatkan hiperpigmentasi atau sebaliknya, pigmen kulit justru hilang sehingga muncul bercak-bercak seperti panu.

"Bahan-bahan kimia berbahaya ini juga memengaruhi bayi yang ada dalam kandungan. Bisa mengakibatkan kecacatan seperti munculnya langit-langit mulut, bibir sumbing, celah kelopak mata menyatu, defisiensi lubang hidung kiri hingga hidrosefalus," katanya.

Terkait hal itu, dia mengharapkan "public warning" yang dikeluarkan BPOM dapat disebarluaskan sebagai upaya perlindungan bagi masyarakat.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa 17 kosmetik yang dinyatakan berbahaya oleh BPOM terdiri Tabita Daily Cream mengandung merkuri, Tabita Night Cream (merkuri), Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No 2+ (asam retinoat dan hidrokinon), Green Alvina Night Cream Acne (asam retinoat dan merkuri), Tabita Skin Care Smooth Lotion (hidrokinon), Hayfa Acne Morning pagi-sore (resorsinol), Herbal Clinic Green Alvina Walet Cream Mild Night Cream (asam retinoat dan hidrokinon).

Acne Lotion Dr Nur Hidayat SpKK (resorsinol), Hayfa Sunblock Acne Cream Natural pagi-sore (resorsinol), Cream Malam Prima 1 Dr Nur Hidayat SpKK (asam retinoat dan hidrokinon), Chrysant 24 Skin Care - Pemutih Ketiak (hidrokinon), Acne Cream Malam Dr Nur Hidayat SpKK (asam retinoat), Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine (merkuri), Cantik Whitening Vit E Night Cream (merkuri), Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No 1 (asam retinoat dan hidrokinon), Cantik Whitening Vit E Day Cream (merkuri), dan Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No 2 (asam retinoat dan hidrokinon). (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar