About

Information

Kamis, 27 Juni 2013

Korban Gempa Lombok Utara Alami Tekanan Kejiwaan

Kamis, 27 Juni 2013 - 06:47:03 WIB
Korban Gempa Lombok Utara Alami Tekanan Kejiwaan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Mataram) -  Para pengungsi di Kabupaten Lombok Utara mengalami tekanan mental dan kejiwaan akibat bencana gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter yang mengakibatkan ribuan rumah warga rusak parah.

"Tekanan mental yang terus-menerus bisa mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi dan gangguan kejiwaan. Karena itu kita membuka Posko `Psychotropic` untuk membantu masalah kejiwaan yang dialami oleh para korban gempa yang kini tinggal di pengungsian," kata Direktur Rumah Sakit Jiwa Mataram, dr. Elly Rosila Wijaya di Tanjung, Rabu (26/06).

Ia mengatakan, perlakuan atau terapi yang diberikan kepada para pengungsi disesuaikan dengan usia. Terapi untuk anak-anak adalah dengan bermain, sedangkan orang dewasa terapi yang sebut Releksasi progresif.

"Untuk terapi anak-anak yang ada di pengungsian ini akan diajak bermain dan bernyanyi sambil diberikan bermacam hadiah bagi anak yang mampu menjawab pertanyaan atau yang berani bernyanyi. Tujuannya agar anak-anak dapat melupakan peristiwa gempa bumi yang pernah dialaminya sehingga anak-anak tetap dalam kondisi kejiwaan yang stabil dan tidak merasa ketakutan lagi," ujarnya.

Sementara lembaga kemanusiaan nasional Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) juga memberikan pelayanan psikologis kepada para pengungsi yang akan dilakukan selama satu bulan untuk membantu penyembuhan berbagai persoalan yang terjadi dalam konteks gangguan kesehatan sampai kejiwaan.

"Pelayanan yang diberikan antara lain masalah gangguan pada tubuh atau fisik serta masalah kejiwaan yang timbul pascatrauma gempa bumi tersebut," kata Pimpinan BSMI Ali Mustafa.

Dia mengatakan, untuk gangguan fisik akan diberikan pelayanan pengobatan sesuai dengan tingkat gangguan yang terjadi, semakin lama pengungsi ini berada di pengungsian maka tingkat gangguan fisik ini kian meningkat.

Selain mendapat pelayanan penanganan gangguan kejiwaan, para korban gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara juga menerima bantuan dari sejumlah partai politik, antara lain dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Golkar.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem NTB Dharmawan memberikan bantuan langsung di beberapa lokasi pengungsian seperti di Dusun Kopang, Gol, Teniga dan Dusun Montong. "Bantuan yang kami dalam rangka meringankan beban penderitaan yang dialami oleh para pengungsi, semoga bantuan ini dapat bermanfaat," katanya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar