About

Information

Selasa, 18 Juni 2013

Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Menhan PNG

Selasa, 18 Juni 2013 - 11:39:58 WIB
Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Menhan PNG
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Papua Niugini (PNG), Fabian Pok di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa, diawali dengan upacara jajar kehormatan.

Pertemuan tersebut membahas peningkatan hubungan kerja sama di bidang pertahanan yang sudah terjalin dengan baik. Perjanjian kerja sama pertahanan kedua negara telah ditandatangani dalam bentuk Defence Cooperation Agreement (DCA) saat kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 Maret 2010 di Port Moresby PNG.

"Kerja sama pertahanan yang telah dilaksanakan sampai saat ini adalah Joint Border Patrol, saling kunjung personel Angkatan Bersenjata serta kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro.

Menurut dia, kedua negara akan membahas kemungkinan kerja sama yang lebih luas di bidang Industri pertahanan Indonesia dan PNG. Saat ini telah mempunyai kerja sama pertahanan di bidang Alutsista dengan dihibahkannya enam pucuk meriam milik TNI kepada Angkatan Bersenjata PNG pada 9 Desember 2011.

Penyerahan secara resmi dilaksanakan di sela-sela acara Bali Democracy Forum dari Menhan RI kepada Pemerintah PNG yang diwakili Menlu Mr. Ano Palo.

Kunjungan Menhan Papua Niugini itu merupakan rangkaian kunjungan pejabat tinggi negara tersebut ke Indonesia yang diawali dengan kunjungan Perdana Menteri PNG Peter Charles Paire O'Neill kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara, pada Senin (17/06).

Dalam pertemuan itu juga dilakukan kerja sama Angkatan Bersenjata PNG dengan Industri Pertahanan Indonesia, antara lain dalam hal akuisisi senjata perorangan, produk PT Pindad, pemeliharaan pesawat udara dan pengadaan perlengkapan perorangan produk PT Sritex Indonesia.(K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar