About

Information

Selasa, 25 Juni 2013

Polda Sumbar Musnahkan 151,125 Kg Ganja

Selasa, 25 Juni 2013 - 19:26:26 WIB
Polda Sumbar Musnahkan 151,125 Kg Ganja
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Padang) - Polda Sumbar memusnahkan barang bukti tindak kejahatan narkoba berupa 151,125 Kg ganja, 412,085 gram shabu-shabu dan tujuh butir ekstasi yang merupakan hasil tangkapan di beberapa wilayah di Sumbar.

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Noer Ali di Padang, Selasa (25/06) mengemukakan pemusnahan barang bukti narkoba tersebut sesuai dengan pasal 91 ayat (1), (2) dan (3) UU Nomor 53 tahun 2009 Tentang Narkotika, UU Nomor 5 Tahun 1997 Tentang Psikotropika.

"Barang bukti tindak kejahatan yang sudah memiliki putusan hukum tetap dimusnahkan untuk menghindari penyalahgunaan narkoba," jelas Noer Ali.

Dia mengatakan bahwa Sumbar tidak saja menjadi tempat transit peredaran narkoba, namun juga pasar sindikat nakorba, hal ini terungkap berdasarkan hasil pengungkapan jaringan pelaku.

Dari sisi geografis, wilayah hukum Sumbar terletak sangat strategis bagi peredaran gelap narkoba di mana Sumbar berbatasan dengan wilayah Sumut, Riau, Jambi dan Bengkulu.

"Tiga provinsi tetangga tersebut rentan peredaran gelap narkoba jenis ganja dari Aceh, dan shabu-shabu dari Medan dan Pekanbaru," kata dia.

Menurut Kapolda, Sumbar memiliki Bandara Internasional perlu pengawasan ketat peredaran gelap narkoba dan psikotrapika dari negara lain, karena beberapa waktu lalu tertangkap pengedar shabu dan ganja di bandara.

"Bandara tersebut merupakan transit bagi pelaku untuk mengedarkan barang terlarang ke wilayah hukum Sumbar," ujar dia.

Polda Sumbar terus berupaya mencegah serta memutuskan masuknya barang terlarang baik ganja, maupun shabu-shabu ke Sumbar.

"Jajaran Polda Sumbar mempeketat masuknya barang terlarang ke Sumbar. Ada beberapa perbatasan yang diawasi pihak kepolisian di antaranya daerah Perbatasan Silaping, Kabupaten Pasaman dengan Madina Provinsi Sumut, perbatasan pangkalan Kabupaten Lima dengan Bangkinang, Provinsi Riau, perbatasan Sungai Rumbai dengan Muaro Bungo Provinsi Jambi," kata Noer Ali. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar