About

Information

Senin, 24 Juni 2013

Spanyol Hadapi Italia di Semifinal Piala Konfederasi

Senin, 24 Juni 2013 - 11:57:03 WIB
Spanyol Hadapi Italia di Semifinal Piala Konfederasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (Fortaleza) - Spanyol menyiapkan pertemuan semifinal Piala Konfederasi dengan korbannya di final Piala Eropa 2012 Italia, setelah mengalahkan Nigeria 3-0 pada sore yang panas di Fortaleza pada Minggu (Senin WIB) untuk mengamankan peringkat teratas di Grup B.

Pasukan Vicente del Bosque hanya memerlukan satu angka untuk mengkonfirmasi tempat di babak empat besar, namun mereka melipat gandakan kebutuhannya berkat sepasang gol Jordi Alba dan tandukan pemain pengganti Fernando Torres pada menit ke-62.

Juara dunia dan Eropa ini sekarang akan menghadapi Italia, yang mereka hancurkan 4-0 di final Piala Eropa tahun lalu, pada semifinal kedua di Fortaleza pada Kamis, sehari setelah Brazil bertemu Uruguay di Belo Horizonte.

Nigeria hanya dapat menyesali kekalahan 1-2 yang mereka derita dari Uruguay pada Kamis lalu, setelah memulai perjalanan di Piala Konfederasi dengan meyakinkan berkat kemenangan 6-1 atas Tahiti.

Ini merupakan pertemuan pertama di antara kedua tim sejak Nigeria menang 3-2 atas Spanyol di fase grup Piala Dunia 1998, dan jika sang juara dunia ingin melakukan aksi balas dendam, mereka dengan cepat melakukannya di Estadio Castelao.

Pertandingan baru berlangsung tiga menit ketika Andres Iniesta mengirimkan umpan melebar ke rekan setimnya di Barcelona Alba, dan pemain bek kiri itu melewati tiga hadangan sebelum melepaskan tembakan mendatar melewati Vincent Enyeama.

Nigeria terlihat kewalahan mengatasi kelembaban di dalam stadion, namun meski kehilangan Kenneth Omeruo karena cedera pada menit ke-11, mereka mencoba memberi perlawanan kepada Spanyol.

Brown Ideye dan Joseph Akpala menyia-nyiakan peluang yang mereka miliki, sedangkan kiper Spanyol Victor Valdes dapat menggagalkan tembakan Mba dari dekat tiang gawang.

Meski mampu menggulirkan bola, sang juara Afrika berulang kali merasakan kekecewaan setiap kali mereka berusaha melakukan penetrasi ke area Spanyol, namun Spanyol bukannya tidak memiliki kelemahan di lini depannya.

Dua kali tembakan Roberto Soldado mengarah lurus ke Enyeama ketika ia mendapat peluang bagus, sedangkan upaya Cesc Fabregas membentur tiang gawang dari jarak dekat setelah ia mendapat umpan silang mendatar dari Soldado.

Ideye semestinya dapat membuat Nigeria menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, namun meski Ahmed Musa membelakangi gawang yang terbuka, ia gagal melepaskan tembakan.

Spanyol memasukkan David Silva dan Torres sebagai pemain pengganti dan beberapa menit berselang penyerang Chelsea itu mengubah skor menjadi 2-0, menyambar umpan silang Pedro Rodriguez dari sisi kiri dengan tandukannya.

Setelah mencetak empat gol saat Spanyol menang 10-0 atas Tahiti pada awal pekan lalu, Torres sekarang menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen ini dengan koleksi lima gol.

Godfrey Oboabona mencegah mantan pemain Liverpool ini mencetak gol ketiga bagi Spanyol melalui bloknya, sebelum pemain pengganti Muhammad Gambo menyia-nyiakan peluang bagus lainnya dengan menyepak bola dengan melebar saat dirinya hanya perlu menaklukkan Valdes.

Setelah itu Spanyol memastikan kemenangan mereka, melalui gol kedua Alba yang dibukukan pada menit ke-88 ketika ia lolos dari perangkap offside, mengecoh Enyeama, dan memasukkan bola ke gawang. (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar