About

Information

Selasa, 18 Juni 2013

Wapres: BLSM Tidak Akan Pengaruhi Pilihan Politik

Selasa, 18 Juni 2013 - 14:48:27 WIB
Wapres: BLSM Tidak Akan Pengaruhi Pilihan Politik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Wakil Presiden Boediono menyakini bahwa bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tidak akan mampu mempengaruhi pilihan politik mereka.

"Jadi kalau masih ada yang khawatirkan, barangkali perlu dipikirkan bahwa kalau Rp. 150.000 empat bulan itu tak ada artinya bagi konstituen kita. Publik kita itu sudah sangat cerdas, jadi uang seperti itu tidak ada artinya untuk pengaruhi pilihan-pilihan mereka," kata Wapres di kantornya di Jakarta, Selasa (18/06).

Hal itu disampaikan Wapres dalam konferensi pers yang didampingi oleh sejumlah menteri, di antaranya Menteri Keuangan M Chatib Basri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida S Alisjahbana.

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya.

Wapres menyampaikan, rumah tangga sasaran yang akan mendapatkan BLSM didasarkan pada survei objektif yang dilakukan Badan Pusat Statistik dan juga dilaksanakan cek ulang oleh pemerintah daerah terutama di desa dan kelurahan.

"Akhirnya kita mendapatkan daftar penduduk Indonesia sampai dengan 40 persen dari segi tingkat sejahteranya. Itu datanya ada, per keluarga alamat namanya dan sebagainya. Jadi ini tidak ada aspek politik," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah akan memastikan bahwa kebijakan perlindungan sosial dapat berjalan dengan baik, sehingga tepat sasaran.

Menurut dia, kebijakan BLSM dibutuhkan mengingat pemerintah akan menaikan harga BBM bersubsidi. Kenaikan harga BBM dipastikan akan mendorong kenaikan harga sehingga menimbulkan guncangan pada masyarakat miskin.

Untuk itu, dibutuhkan bantalan bagi masyarakat miskin dalam waktu tertentu untuk menahan guncangan harga tersebut hingga harga kembali normal.

"Ini memang diperlukan pengalaman di masa lalu kalau ada penyesuaian harga (BBM), pada 3 - 4 bulan akan ada shock (goncangan), sesuatu yang akan kembali pada sesuatu yang normal. Ini perlu ditampung. Terutama yang faktor ini mereka yang miskin atau pada batasan miskin," katanya. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar