About

Information

Senin, 24 Juni 2013

Atraksi Jaranan Akan Tampil di Taman Mini Indonesia Indah

Sabtu, 22 Juni 2013 - 02:39:08 WIB
Atraksi Jaranan Akan Tampil di Taman Mini Indonesia Indah
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Bojonegoro) - Empat kesenian tradisional Bojonegoro, Jatim, terpilih sebagai duta seni Jatim untuk tampil dalam acara paket budaya khusus di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, 29 Juni 2013.

Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Saptatik, Jumat menjelaskan empat tim kesenian itu dalah Upacara Adat Pengantin Desa Campurejo (Kecamatan Kota), Tari Thengul, Tari Sang Dewi dan Jaranan.

"Empat kesenian Bojonegoro yang akan tampil melibatkan 96 seniman," katanya. Ia menjelaskan empat kesenian tradisional di daerah ini cukup layak mewakili Jatim. Apalagi, empat kesenian itu sudah sering tampil di pelbagai ajang kesenian di Jatim," tuturnya.

Ia mencontohkan Tari Thengul yang merupakan tari khas yang sudah biasa tampil di berbagai ajang kesenian di antaranya di Surabaya, Nganjuk, juga tampil dalam ajang besar di daerahnya.

Mengenai persiapan, menurut dia, sudah dilakukan cukup lama baik langsung di lokasi sanggar kesenian yang bersangkutan juga di Pendopo Disbudpar. "Kita terus melakukan evaluasi kesenian yang akan ditampilkan agar tidak mengecewakan penonton," katanya.

Di Jakarta, katanya, acara paket budaya khusus juga dimeriahkan pameran produk unggulan, mulai makanan, di antaranya belimbing asal Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, salak Wedi asal Desa Wedi, Kecamatan Kapas dan batik "Jonegoron".

"Pengunjung bisa membeli produk unggulan khas Bojonegoro. Bagi warga Bojonegoro yang menetap di Jakarta ada pameran produk unggulan bisa sebagai obat penganti "kangen" dengan kampung halaman," ujarnya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar