About

Information

Minggu, 02 Juni 2013

Belum ke Ambon Kalau Belum Mengunjungi Pantai Natsepa

Sabtu, 01 Juni 2013 - 05:30:30 WIB
Belum ke Ambon Kalau Belum Mengunjungi Pantai Natsepa
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Ambon) - Sedikit berbagi pengalaman bagi anda yang senang wisata pantai. Wilayah NKRI bagian timur sudah sejak tahun 1980an terkenal dengan berbagai wisata bahari. Potensi wisata ini tidak terlepas dari letak geografis dan historis daerah tersebut. Semacam wilayah Kepulauan Maluku misalnya.

Walaupun tiket pesawat Jakarta – Ambon PP terbilang lumayan mahal, wisatawan yang berkunjung ke wilayah Maluku semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Setelah terbang selama sekitar 3 jam 45 menit, saya pun menjejakan kaki di Bandara Internasional Pattimura. 

Tujuan utama kali ini adalah Pantai Natsepa. Pantai indah ini berlokasi di Desa Suli Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Jaraknya sekitar 15 Km dari pusat kota Ambon atau sekitar 23 Km dari bandara. 

Dari pusat kota Ambon ke Pantai Natsepa bisa menggunakan angkot dengan ongkos Rp. 6.000 / orang, karena kalau menggunakan mobil charteran pasti mahal. Karena saya dari bandara, maka saya harus naik angkot ke daerah Passo dulu, ongkosnya Rp 4.000 / orang. Kalau menggunakan taxi ongkosnya mahal, bisa sekitar Rp 150.000an sekali jalan. 

Di Passo saya harus berganti angkot yang menuju daerah Tulehu atau Tial, karena rute ini pasti melewati Pantai Natsepa. Oh ya, sekedar info saja angkot daerah ini beroperasi dari jam 05.00 s/d 20.30 WIT.

Setibanya di Pantai Natsepa, retribusi tiket masuknya hanya Rp 5.000 / orang, murah pastinya. Waktu menunjukan pukul 11.00 WIT dan saya lapar! Banyak kedai dan restoran yang terdapat di seputaran Pantai Natsepa, andalannya? 

Seafood tentunya! Saya memilih menyantap nasi dengan ikan asar (asap) dan sambal colo-colo…mantap! Harganya lumayan terjangkau, total hanya Rp 22.000 saja termasuk es teh manis. Ada juga rujak Natsepa yang enak, sayangnya saya tidak berani langsung mencicipi karena perut saya masih harus beradaptasi dulu dengan menu lokal. 

Lanjut dengan “mencicipi” pasir putih Pantai Natsepa yang halus membelai sela-sela jari kaki saya. Pantai ini bersihnya ajib, tidak ada sampah sedikit pun! Beda dengan pantai-pantai di Pulau Jawa. Air lautnya berwarna turquoise jernih dengan intensitas ombak relatif tenang, mantap untuk berenang dan bermain pasir nih. 

Berbagai fasilitas watersport tersedia untuk disewa, sebut saja mulai snorkeling, diving, banana boat, dan jetski. Saran saya, sewalah sampan dayung untuk menjelajahi kawasan terumbu karang alami yang super indah di pantai ini dan sekaligus pergi memancing seharian. Biaya sewa sampan seharian agak mahal, sekitar Rp. 250.000-an, tapi anda dijamin puas berkeliling dan berwisata di perairan Pantai Natsepa. 

Untuk penginapan, jangan kuatir kesulitan. Banyak penginapan kelas melati terdapat di sekitar Pantai Natsepa, tarifnya mulai Rp 150.000 s/d Rp 350.000 per kamar per malamnya. Kalau mau yang mewah, ada hotel kelas bintang empat dengan fasilitas lengkap di dekat Pantai Natsepa. Kesimpulan saya, tidak salah itu slogan yang berbunyi, "Belum ke Ambon kalau belum mengunjungi Pantai Natsepa". Beneran lho…lebih dari surganya pantai! (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar