About

Information

Kamis, 27 Juni 2013

DKI Jakarta Gelar Festival Folklore Internasional

Kamis, 27 Juni 2013 - 17:58:54 WIB
DKI Jakarta Gelar Festival Folklore Internasional
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Jakarta) - Perkembangan seni tradisi atau folklore yang saat ini semakin terasa tersisih dengan derasnya perkembangan seni modern sudah mulai terasa.

Guna melestarikan seni tradisi yang merupakan khasanah budaya yang menunjukkan identitas bangsa, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar festival folklore internasional yang bertajuk "Enjoy Jakarta International Folklore Festival (EJIFF) 2013".

Kadisparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan dalam rangkaian untuk memperingati ulang tahun DKI Jakarta ke 486, pagelaran EJIFF ini juga sebagai upaya untuk menjadikan Jakarta destinasi wisata internasional yang modern.

"Penyelenggaraan EJIFF yang baru pertama kali ini bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan dan menghidupkan kembali seni tradisi kepada generasi muda. Melalui kegiatan EJIFF diharapkan lebih meningkatkan jati diri bangsa terutama generasi muda yang semakin banyak dipengaruhi oleh budaya luar," kata Arie dalam konferensi pers di di Gedung Adi Sasono, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Arie menjelaskan, selain seni tradisi Betawi sebagai tuan rumah, dalam pagelaran EJIFF ini juga akan dipertunjukkan seni tradisi Nusantara, dan enam negara lainnya yang turut berpartisipasi, yakni Mesir, China Taipei, Jepang, Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Diharapkan, gelaran ini akan semakin menguatkan persahabatan di antara negara peserta dengan cara mengapresiasi khasanah budaya masing-masing.

"Mereka akan mempertunjukan kesenian khas dari negara masing-masing. Ini menggembirakan, karena tidak hanya untuk menjalin persahabatan, sekaligus juga saling memberi apresiasi kekayaan khasanah budaya masing-masing. Diharapkan dapat menjadi dialog antar budaya, tukar menukar pengalaman, karena kesenian dan kebudayaan merupakan bahasa dunia. Hal ini juga untuk tegaskan Jakarta ke depan menjadi pusat budaya Bangsa Indonesia," papar Arie.

Dijelaskannya, EJIFF akan digelar selama dua hari mulai tanggal 27 Juni hingga 28 Juni 2013 ini di tiga lokasi berbeda, yakni Sasono Langen Budoyo TMII, Mal Taman Anggrek, dan Panggung Budaya Pasar Gambir Pekan Raya Jakarta JIExpo.

Direktur Operasional TMII, Ade Meyliala mengatakan, gelaran EJIFF merupakan kerjasama yang baik antara pihaknya dengan Disparbud DKI yang selama ini memang sejalan untuk menjadikan Jakarta sebagai tujuan wisata. 

Dia berharap, dengan festival folklore dan kegiatan sejenis dapat semakin menarik wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta dan TMII. "Dalam lima tahun terakhir pengunjung TMII selalu bertambah. Setiap tahunnya mencapai 7 juta pengunjung," katanya. (K-2/Shilma)

0 komentar:

Poskan Komentar