About

Information

Senin, 24 Juni 2013

Isu Reshuffle, SBY Larang Menteri Keluar Kota

Senin, 24 Juni 2013 - 17:03:23 WIB
Isu Reshuffle, SBY Larang Menteri Keluar Kota
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Apakah benar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera mereshuffle kabinet kembali ? Berdasarkan kabar dari pihak Istana Presiden, hari ini para menteri dilarang untuk keluar kota.

Kabar larangan keluar kota kepada para menteri itu dibenarkan oleh Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha.

"Ya benar, agar pasca kenaikan harga BBM, semua sektor terkait diawasi langsung agar berjalan dengan baik," kata Julian saat dihubungi wartawan, Senin (24/06).

Namun ketika ditanyakan kepada Jubir Presiden itu apakah larangan tersebut terkait dengan kabar bahwa Presiden SBY berencana melakukan reshuffle kabinet ? Jualian tidak mau memberikan jawaban pasti.

"Wah ini isunya datang dari mana? Pasti bukan dari Istana ya," ujarnya.

Sementara itu Menkumham Amir Syamsuddin juga membenarkan adanya larangan menteri KIB II ke luar kota. 

Menurut kabar yang beredar, larangan tersebut terkait dengan rencana SBY melakukan reshuffle kabinet terhadap minimal 1 menteri asal PKS pekan ini. 

Sebelumnya pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Gungun Heryanto percaya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan berani mendepak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari koalisi. Hal ini karena SBY sangat memperhatikan perimbangan kekuatan antara oposisi dan koalisi di parlemen.

"Sikap SBY tetap tak akan berubah," kata Gungun ketika dihubungi wartawan di Jakarta, kamis (19/06).

Gungun menyatakan SBY merasa lebih nyaman dengan menggantungkan posisi PKS di koalisi. Kalaupun mesti memberi sanksi, paling-paling SBY hanya akan mengurangi jatah menteri yang dimiliki PKS di kabinet. "Saya memprediksi maksimalnya pergantian menteri," ujar Gungun. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar