About

Information

Selasa, 25 Juni 2013

Kasasi Wa Ode Nurhayati Ditolak MA

Selasa, 25 Juni 2013 - 14:33:05 WIB
Kasasi Wa Ode Nurhayati Ditolak MA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Korupsi 


Komhukum (Jakarta) - Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi mantan Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Wa Ode Nurhayati.

"Menolak permohonan kasasi JPU dan terdakwa," demikian bunyi amar putusan yang telah dilansir laman atau "website" MA, Selasa (25/06).

Vonis ini diketok oleh majelis kasasi yang dipimpin Hakim Agung Artidjo Alkotsar yang didampingi anggota Hakim Agung Leopold Luhut Hutagalung dan hakim ad hoc pada MA dengan kode MLU pada tanggal 28 Mei 2013.

Wa Ode Nurhayati telah divonis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta dengan hukuman pidana enam tahun penjara karena dinilai terbukti melakukan dua perbuatan tindak pidana, yakni menerima suap terkait pengalokasian Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID) dan melakukan tindak pidana pencucian uang atas kepemilikan uang sebesar Rp. 50,5 miliar dalam rekeningnya.

Ia terbukti melalukan tindak pidana sesuai dengan dakwaan ke satu primer, yakni Pasal 12 Ayat 1 Huruf a Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 Ke-1 KUHP dan dakwaan kedua primer, Pasal 3 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian.

Wa Ode dianggap menerima pemberian hadiah atau janji berupa uang senilai Rp. 6,25 miliar dari tiga pengusaha, yakni Fahd El Fouz, Paul Nelwan, dan Abram Noch Mambu melalui Haris Surahman.

Pemberian tersebut terkait dengan upaya Wa Ode selaku anggota Panita Kerja Transfer Daerah Badan Anggaran DPR dalam mengupayakan Kabupaten Aceh Besar, Pidie Jaya, Bener Meriah, dan Minahasa masuk dalam daftar daerah penerima alokasi DPID 2011. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar