About

Information

Selasa, 25 Juni 2013

Kemenkumham Siapkan Server Canggih Dukung Fidusia Online

Selasa, 25 Juni 2013 - 16:46:12 WIB
Kemenkumham Siapkan Server Canggih Dukung Fidusia Online
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Seiring dengan peralihan sistim pendaftaran jaminan fidusia dari sistim manual menjadi sistim online, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mengalami permintaan permohonan pendaftaran jaminan fidusia secara sigifikan.

"Rata-rata per hari sebelum diberlukakannya sistim fidusia online atau dengan cara pendaftaraan secara manual, Kanwil Kememkumhan DKI rata-rata di angka ratusan permohonan. Tapi setelah diberlakukannya sistim pendaftaran secara online, Kanwil menerima rata-rata ribuan permohonan setiap harinya," kata Kepala Pelayanan Hukum dan HAM, Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Audy Murfy, Selasa (25/6) di Hotel Bidakara Jakarta, pada saat acara jumpa pers.

Menurutnya, pendaftaraan fidusia secara online memotong birokrasi yang panjang pada sistim manual. Dia mengatakan, dalam proses pendaftaran fidusia secara online hanya membutuhkan waktu 7 menit, dibandingkan dengan sistim manual yang memakan waktu berhari-hari.

Walaupun sempat terkendala dengan terbakarnya sebagian gedung Direktorat Administrasi Hukum Umum yang menyebabkan beberapa server utama Ditjen AHU termasuk server yang berkerja untuk sistim pendaftaran secara online juga ikut terbakar, akan tetapi pelan tapi pasti Ditjen AHU sudah menggantikan dengan server yang paling canggih se-Asia Tenggara guna menunjang pendaftaran fidusia sistim online.

"Ditjen AHU sebagai payung hukum dan operator pendaftaran fidusia sistim online, sekarang tidak lagi mendapatkan masalah. Dan para notaris yang berwenang meng-upload data kreditur dan debitur untuk membuat akta jaminan fidusia pun sudah tersenyum kembali, karena lancarnya proses pendaftaran fidusia online." pungkas Audy.

Sejak diperkenalkan sistim pendaftaran fidusia online dan diberlakukannya pada bulan Maret 2013, Ditjen AHU terus melakukan perbaikan sistim ini. Hal itu sudah terbukti bahwa fidusia online membawa perubahan ke arah yang sangat positif termasuk menjawab perkembangan ekonomi Indonesia khususnya pada bidang penjualan kendaraan bermotor yang semakin meningkat. (K-2/Achiel)

0 komentar:

Poskan Komentar