About

Information

Kamis, 27 Juni 2013

Wanita Chili Ciptakan Karya Seni Dari Darah Haid

Kamis, 27 Juni 2013 - 14:02:18 WIB
Wanita Chili Ciptakan Karya Seni Dari Darah Haid
Diposting Oleh : Administrator

Komhukum (Jakarta)  - Seorang wanita yang berasal dari Chili menciptakan karya seni yang tergolong abstrak dan unik dari darah haid miliknya.

Wanita bernama Carina Ubeda itu menyimpan darah haidnya selama lima tahun di atas potongan-potongan kain. Bukan tanpa tujuan Ubeda melakukan hal tersebut.

Carina mengaku dia tidak bisa memakai pembalut atau tampon saat haid karena alergi. Makanya dia memakai sehelai kain ketika tengah datang bulan sebagai ganti pembalut.

Kain-kain yang sudah terkena darah haid itu tidak dibuang oleh Carina. "Aku suka menyimpan barang karena aku ingin melakukan sesuatu pada benda itu," kata sarjana lulusan University of Playa Ancha itu.

Awalnya Carina akan membuat sebuah buku seni dari kain-kain bernoda darah haid itu. Namun dia kemudian merasa sebuah pameran seni lebih masuk akal untuk dibuat.

"Saat aku melihat kain itu, aku melihatnya sebagai sebuah image abstrak," ujarnya seperti  yang dilansirkan Wolipop.com.

Saat ini ada 90 kain yang dipamerkan di Center of Culture and Health, Quillota, Chili. Menurut Carina karya seni yang dipamerkannya itu menggambarkan sebuah proses ovulasi. Dia menjahit tulisan seperti Production, Discard dan Destroyed di setiap kain karyanya tersebut.

Carina mengklaim kain-kain bernoda darah haid ini cukup higienis, sehingga aman untuk dipamerkan. Dia menyemprotkan disinfektan pada setiap kain karyanya tersebut sebelum dipamerkan. (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar