About

Information

Jumat, 22 Februari 2013

Ekonomi, Jumat 22 Februari 2013

Jumat, 22 Februari 2013 - 04:11:14 WIB
Krisis Gas Ancam Operasionalisasi 52 Industri
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Medan) - Operasionalisasi 52 industri di Sumatera Utara terancam karena mulai April hingga Juni 12 juta kaki kubik standar perhari (MMSCFD) pasokan gas dari PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) terhenti total.

"Kalau tidak diatasi, pasti industri kesulitan beroperasi yang otomatis terjadi PHK besar-besaran," kata Ketua Asosiasi Perusahaan Pengguna Gas (Apigas), Sumatera Utara, Johan Brien, di Medan, Kamis (21/2).

Menurut dia, pengusaha gas di Sumatera Utara mengalami dilema, pada satu sisi kesulitan perolehan gas, di sisi lain, pengusaha sulit juga menggunakan energi lain seperti listrik dan batubara.

Listrik juga mengalami krisis, sementara mau menggunakan batubara terbentur soal permasalahan limbahnya yang masih dikatagorikan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), katanya. "Bagaimanalah investor mau masuk. Bagaimana pula Sumatera Utara mau maju, gas saja sulit," katanya.

Pelaksana Harian Gubernur Sumatera Utara, Nurdin Lubis, menyatakan, pemerintah sudah meminta Pertamina untuk mengalokasikan gas sebesar 10 MMSCFD untuk provinsi itu.  (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar