About

Information

Senin, 04 Maret 2013

Bandung Akan Gelar Kirab Budaya Cap Go Meh

Sabtu, 02 Maret 2013 - 06:46:54 WIB
Bandung Akan Gelar Kirab Budaya Cap Go Meh
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Tradisi 


Komhukum (Bandung) - Kirab Budaya Cap Go Meh akan menyemarakkan perayaan Cap Go Meh di Kota Bandung pada hari ini, Sabtu (1/3) yang berlangsung mulai dari Vihara Dharma Ramsih Jalan Cibadak menyusuri sejumlah ruas jalan di kawasan Kecamatan Andir Kota Bandung.

Kirab Budaya Cap Go Meh di Kota Bandung merupakan kegiatan budaya yang rutin digelar setiap tahun di Kota Kembang. Kegiatan itu akan diisi dengan budaya Cap Go Meh yang menampilkan puluhan liong dan barongsay yang akan beraksi dengan cara berjalan atau kirab sepanjang empat kilometer.

Kirab yang akan diisi dengan nuansa warna merah dan kuning itu rencananya akan dimulai dari Vihara Dharma Ramsih di Jalan Cibadak Kota Bandung. Rute yang akan dilewati antara lain Jalan Sudirman, Jalan Kelenteng, Pacal Hyper Square, Jalan Kebonjati, Jalan Gardujati, Jalan Sudirman, Jalan Otista dan berakhir di Jalan Cibadak.

Suasana di kawasan yang dilintasi diprediksi akan dihadiri oleh ribuan warga Kota Bandung untuk menyaksikan acara yang diisi dengan aktraksi drum band, puluhan tandu, tim kavaleri TNI serta beberapa aktraksi khas lainnya pada perayaan Cap Go Meh.

Puluhan ribu bahkan ratusan ribu warga Bandung dipastikan hadir dalam kegiatan yang ditunggu-tunggu tersebut. Selain dari Bandung, penonton juga dipastikan juga dari kalangan wisatawan yang tengah berkunjung Kota Bandung.

Kehadiran kirab budaya itu, merupakan kesempatan emas bagi warga Bandung dan wisatawan untuk mengabadikan momen yang hanya digelar sekali dalam setahun itu. Selain itu juga momen Kirab Budaya Cap Go Meh akan menjadi salah satu obyek foto menarik bagi penghoby fotografi.

Untuk mensukseskan acara budaya tersebut, Polrestabes Bandung sudah menyiapkan pengamanan termasuk melakukan rekayasa jalur untuk meminimaliasi dampak kemacetan akibat kegiatan yang digelar di salah satu jalan terpadat di Kota Kembang itu.

"Polrestabes Bandung sudah menyiapkan rekayasa jalur untuk membebaskan jalur yang dilintasi kirab itu yang akan berlangsung pukul 15.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB," kata Kabag Operasi Polrestabes Bandung AKBP Dicky Budiman.

Kawasan yang dilintasi oleh kirab budaya itu dipastikan terbebas dari kendaraan yang melintas atau parkir, sehingga jajaran Polrestabes Bandung, Dishub dan Satpol PP Kota Bandung menyiapkan beberapa kantong parkir bagi pengunjung.

"Untuk menyaksikan kirab itu, pengunjung harus berjalan kaki ke jalur yang akan dilintasi, kendaraan ditempatkan di sejumlah titik yang disediakan untuk kantong parkir," kata Dicky Budiman. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar