About

Information

Rabu, 06 Maret 2013

Israel Kian Gelisah, Iran Makin Dekat ke Nuklir

Rabu, 06 Maret 2013 - 05:39:52 WIB
Israel Kian Gelisah, Iran Makin Dekat ke Nuklir
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Washington) - Dihadapkan pada kian cepatnya Iran mengembangkan nuklir, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan bahwa program nuklir Teheran kian dekat meloncati "garis merah" yang krusial.

Berbicara via tautan satelit dari Yerusalem kepada sebuah lobi pro Israel di AS, Netanyahu mengutarakan ketidaksabarannya atas kebijakan negara-negara besar dalam menggunakan sanksi untuk menekan ambisi nuklir Iran.

Komentar Netanyahu ini mengisyaratkan hasrat Israel untuk mengancam Iran dengan serangan militer, di tengah perundingan antara para juru runding negara-negara besar (P5+1) dengan Iran mengenai program nuklir Teheran.

"Iran memperkaya semakin banyak uranium," kata Netanyahu kepada American Israel Public Affairs Committee  (AIPAC), kelompok lobi pro Israel utama di Amerika Serikat. "Kita harus menghentikan program pengayaan nuklir Iran itu sebelum terlambat," kata dia.

Dia menuduh Iran tengah mengulur waktu dengan terus berunding dengan P5+1, termasuk AS. "Harus ada ancaman militer yang jelas dan kredibel jika diplomasi dan sanksi gagal," kata dia.

Namun Menteri Luar Negeri AS John Kerry menandaskan, negosiasi P5+1 dengan Iran tak bisa menjadi instrumen untuk mengulur waktu sehingga membuat situasi lebih berbahaya seperti dikhawatirkan Israel. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar