About

Information

Rabu, 06 Maret 2013

Pasangan "Caknur" Unggul Sementara di Pilbup Muaraenim

Rabu, 06 Maret 2013 - 09:26:03 WIB
Pasangan "Caknur" Unggul Sementara di Pilbup Muaraenim
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Palembang) - Hasil sementara berdasarkan perhitungan cepat (Quick Count) untuk pemilihan Bupati & Wakil Bupati Muaraenim periode 2013-2018 yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) & Jaringan Isu Publik (JIP) pasangan Muzakir-Nurul Aman (Caknur) raih suara terbanyak dari tiga kandidat cabup & cawabup lainnya.

Hasil prolehan sementara untuk masing-masing kandidat cabup & cawabup adalah Pasangan Aseli-Rajas 34,20 persen, Eddy-Herfyan (EH) 11,52 persen, Muzakir-Nurul (Caknur) 40,40 persen dan pasangan Syahril-Giri (SGM) 14,58 persen.

Dari penghitungan itu, tingkat partispasi pemilih 76,42 persen, data sampel yang masuk 95,60 persen, sampling error sekitar satu persen.

"Ini merupakan perhitungan sementara kami. Untuk hasil akhirnya tenti kita akan tetap merujuk kepada hasil dari KPU," ujar Supervisor LSI & JIP Jakarta Naslim Sarlito, Rabu (6/03) pagi.

Menurut Naslim, metode yang mereka gunakan dalam hitung cepat yakni sistem perhitungan suara di sejumlah sampel TPS yang dipilih secara acak dan proporsional dari seluruh populasi TPS yang ada.

Untuk mengurangi kesalahan tentu dilakukan dengan cara profesional. Pihaknya juga telah melakukan Quick Qount sebanyak 126 kali di Indonesia, hasilnya tidak ada satupun wilayah yang keluar dari batasan margin error maupun yang salah urutannya.

Untuk daftar sampel, kata Naslim, diambil dari 14 TPS yang tersebar di Kecamatan Lawang Kidul, Muaraenim, Rambang Dangku, Gunung Megang, Gelumbang, Penukal, Lubai, Sungai Rotan dan Muara Belida.

Untuk distribusi suara berdasarkan wilayah, lanjut Naslim, pasangan Caknur unggul di kecamatan Benakat, Gunung Megang, Muaraenim, Ujan Mas, Lubai, Rambang, Rambang Dangku, Lawang Kidul, SDL, SDT, SDU dan Tanjung Agung.

Untuk pasangan Aseli-Rajas unggul di Kecamatan Abab, Penukal, Penukal Utara, Talangubi, Tanah Abang, Gelumbang, Kelekar, Lembak, Muara Belida dan Sungai Rotan. Sedangkan untuk pasangan SGM dan EH, seluruh kecamatan ada tetapi tidak signifikan.

Menanggapi hasil Quick Qount LSI & JIP tersebut, Bupati Muaraenim Muzakir, Rabu (6/03) pagi menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Muaraenim yang masih mempercayai Caknur untuk memimpin Kabupaten Muaraenim kembali.

Ia mengatakan,kemenangan ini merupakan kemenangan masyarakat Muaraenim. Selanjutnya, diharapkan kepada masyarakat untuk tetap kondusif sambil menunggu hasil dari KPUD Muaraenim.

"Saya tidak membeda-bedakan yang mendukung atau tidak semuanya masyarkat Kabupaten Muaraenim dan mari kita songsong Muaraenim yang tambah maju," tegas Muzakir. (K-5/Adi)

0 komentar:

Posting Komentar