About

Information

Kamis, 07 Maret 2013

Presiden SBY Dihimbau DPR Soal Calon Gubernur BI

Kamis, 07 Maret 2013 - 06:16:55 WIB
Presiden SBY Dihimbau DPR Soal Calon Gubernur BI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Perbankan 


Komhukum (Jakarta) - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah, mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menerima laporan terkait himbauan Komisi XI DPR menambah calon gubernur Bank Indonesia. 

Presiden SBY tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman dan Hungaria. "Presiden sudah mendapatkan laporan, tapi sifatnya masih terbatas," katanya, melalui telepon di Jakarta, Rabu (6/03).

Ia mengatakan, sejauh ini, Yudhoyono belum membahas hal itu, mengingat saat ini tengah melaksanakan kunjungan kerja ke Jerman dan Hungaria, dan dijadualkan mendarat kembali di Tanah Air pada 9 Maret nanti. "Nanti akan dibahas, akan menerima pandangan dari Wakil Presiden dan Menteri Koordinator Perekonomian, namun sampai saat ini ya tetap satu, Agus Martowardojo," katanya.

Ia menambahkan, sesuai UU 23/1999 tentang Bank Indonesia yang diperbarui dalam UU 3/2004, presiden memiliki kewenangan mencalonkan maksimal tiga orang. Untuk itu, menurut dia, presiden berhak untuk mengajukan calon tunggal gubernur Bank Indonesia. "Jadi bisa saja satu, dua atau tiga, ini sesuai kewenangannya," katanya.

Sebelumnya dalam rapat Komisi XI DPR, Selasa malam (5/03), diputuskan menerima Martowardojo sebagai calon gubernur Bank Indonesia, untuk mengikuti uji kepatuhan dan kepantasan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar