About

Information

Senin, 04 Maret 2013

Mubarak Kembali Diadili Bulan April 2013

Senin, 04 Maret 2013 - 06:39:29 WIB
Mubarak Kembali Diadili Bulan April 2013
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Kairo) - Kantor Berita Pemerintah Mesir, MENA melaporkan bahwa pengadilan banding negara itu akan menggelar sidang ulang terhadap mantan presiden Hosni Mubarak pada 13 April mendatang.

Sidang tersebut tidak hanya akan menghadirkan Mubarak tetapi juga sejumlah rekan dan anak-anaknya yang dituding bertanggung jawab terhadap pembunuhan sejumlah pengunjukrasa yang menentang kekuasaanya pada awal tahun 2011 lalu.

Sidang pada pertengahan April mendatang itu juga akan mengadili dua putra Mubarak, Gamal dan Alaa serta mantan menteri dalam negeri Mesir, Habib el-Adly. "Kepala Pengadilan Banding Mesir, Samir Abu el Maati telah menetapkan 13 April sebagai waktu persidangan ulang terhadap mantan Presiden Hosni Mubarak, dua putranya, Gamal dan Alas dan menteri dalam negeri, Habib el-Adly beserta enam pembantu utamanya...atas dakwaan pembunuhan pengunjuk rasa selama berlangsungnya revolusi pada tanggal 25 Januari," kata MENA dalam laporannya.

Mubarak saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit militer. Sebelumnya pada bulan Januari lalu pengadilan di Kairo memberinya kesempatan untuk banding atas vonis seumur hidup yang telah dijatuhkan kepadanya karena tidak mencegah terbunuhnya para pengunjuk rasa.

Pada bulan Juni 2012 pengadilan di Kairo hakim menyatakan Mubarak bersalah karena tidak mencegah penembakan terhadap pengunjuk rasa pada demonstrasi yang akhirnya memaksa Mubarak mundur dari kekuasaan.

Sementara untuk dakwaan lain yang lebih serius, yaitu memerintahkan aparat keamanan membunuh demonstran, hakim menyatakan tidak terbukti bersalah. Mubarak sebelumnya merupakan pemimpin yang berkuasa di Mesir selama 30 tahun sebelum dipaksa mundur melalui gerakan aksi protes rakyat bulan Februari 2011. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar