About

Information

Senin, 04 Maret 2013

Presiden SBY Telah Tiba di Berlin

Senin, 04 Maret 2013 - 07:58:09 WIB
Presiden SBY Telah Tiba di Berlin
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Berlin) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu malam (3/03) tiba di bandara internasional Tegel, Berlin, Jerman untuk memulai kunjungan kerja tiga harinya, 3-6 Maret di Jerman.

Kepala Negara didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Berlin sekitar pukul 20.30 waktu setempat setelah melakukan perjalanan selama sekitar 16 jam dengan disambut oleh Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Eddy Pratomo.

Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden antara lain Menlu Marty Natalegawa, Wakil Menhan Sjafrie Syamsuddin, Menperin MS. Hidayat, Mendag Gita Wirjawan dan sejumlah pejabat lainnya. Sebelumnya, Staf khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan kunjungan kerja ini sebagai salah satu upaya meningkatkan hubungan kedua negara.

"Selama kunjungan ke Jerman, Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Federal Jerman dan Kanselir Republik Federal Jerman, Angela Merkel. Kedua pertemuan bilateral tersebut akan membahas tindak lanjut Kemitraan Komprehensif yang diluncurkan oleh Presiden dan Kanselir Jerman di Jakarta, pada 10 Juli 2012," katanya.

Ia menambahkan selain itu juga akan dibahas secara mendalam prioritas kerja sama di bidang ekonomi (perdagangan, investasi dan pembangunan), kesehatan, pendidikan, riset dan teknologi, serta industri pertahanan. Juga akan dibahas kerja sama terkait ketahanan pangan, ketahanan energi, dan transportasi.

Dalam kesempatan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman, akan diumumkan tokoh-tokoh dari kedua negara yang akan menjadi anggota Indonesia-German Advisory Group (IGAG). "Presiden juga akan menerima kunjungan kehormatan mantan Presiden Jerman Dr. Horst Kohler, Menlu Jerman Y. M. Dr Guido Westerwelle, dan Walikota Berlin Y.M. Herr Klaus Wowereit.

Selama berada di Jerman, Presiden dijadwalkan akan membuka Pameran Pariwisata Internasional ITB (International Tourism Bourse) bersama Kanselir Jerman. Indonesia akan menjadi negara mitra (partner country) dalam pameran tersebut. Selain itu, Presiden akan menghadiri forum bisnis dan bertatap muka dengan beberapa CEO perusahaan terkemuka Jerman. Presiden juga akan bertemu dengan komunitas diaspora Indonesia, kata Faizasyah. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar