About

Information

Senin, 04 Maret 2013

Tradisi "Bau Nyale 2013" Akan Semakin Meriah

Minggu, 03 Maret 2013 - 10:11:08 WIB
Tradisi "Bau Nyale 2013" Akan Semakin Meriah
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Tradisi 


Komhukum (Mataram) - Tradisi "bau nyale" (menangkap cacing laut) di objek wisata Pantai Seger, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah pada 2013 akan digelar secara meriah guna menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Putria di Praya, mengatakan tradisi bau nyale yang akan digelar pada 3 Maret 2013 akan berlangsung lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tradisi bau nyale yang digelar setiap tahun di objek wisata Pantai Seger, Desa Kuta Kecamatan Pujut dibanjiri puluhan ribu pengunjung termasuk wisatawan mancanegara. Pada 2013 ini kita harapkan lebih ramai lagi. Persiapan telah dilaksanakan sejak enam bulan lalu," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengundang kalangan pers dari dalam dan luar negeri untuk meliput acara bau nyale agar gaungnya bisa sampai ke seluruh dunia. Tradisi bau nyale telah menjadi kalender tahunan pariwisata NTB.

Untuk menginformasikan mengenai acara bau nyale tersebut Pemkab Lombok Tengah juga telah menyebearluaskan melalui jaringan internet termasuk objek-objek wisata menarik lainnya yang ada di daerah ini.

Acara bau nyele akan diisi dengan berbagai atraksi budaya, antara lain drama musik kolosal yang menceritakan kisah legenda Putri Mandalika yang melibatkan ribuan seniman dan tokoh adat di Kabupaten Lombok Tengah termasuk para siswa.

Selain itu juga akan digelar parade budaya melibatkan para seniman dan masyarakat dari 131 desa di 15 kecamatan se-Kabupaten Lombok Tengah termasuk dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Ritual bau nyale juga akan dimeriahkan dengan permainan rakyat, seperti "perisaian" (saling pukul dengan rotan dilengkapi tameng terbuat dari kulit kerbau) dan sejumlah kesenian lainnya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar