About

Information

Senin, 04 Maret 2013

Bulan Maret, Panen Jambunya Mekarsari

Minggu, 03 Maret 2013 - 10:35:48 WIB
Bulan Maret, Panen Jambunya Mekarsari
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Bogor) - Selama bulan Maret di Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sedang berlangsung panen jambu biji yang dibisa dinikmati para pengunjung.

"Mulai tanggal 2 sampai 31 Maret Taman Wisata Mekarsari akan membuka tur jambu biji untuk pengunjung reguler," kata Manajer Humas Taman Wisata Mekarsari, Putri Ayu Pratami, melalui siaran pers yang diterima Komhukum.com, Minggu (3/03).

Putri menyebutkan, bulan Maret merupakan kalender panen jambu biji di Mekarsari. Ratusan kilogram jambu biji yang dihasilkan dapat dinikmati pengunjung lewat program wisata di Mekarsari.

Salah satu program Tur Jambu Biji untuk pengunjung reguler, dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB. Jadwal keberangkatan Tur jambu biji setiap 60 menit sekali akan mengantarkan pengunjung berkeliling kebun Jambu Biji menggunakan kereta wisata dan pengunjung akan disuguhkan berbagai aktivitas serta atraksi menarik.

"Harga tiket Tur Jambu Biji Rp. 30.000 per orang," kata Putri. Dijelaskannya, pengunjung yang telah memiliki tiket tur Jambu Biji bisa menunggu kereta wisata di ruang tunggu Family Tour. Tur berdurasi selama satu jam ini akan memulai perjalanannya dari stasiun keberangkatan yang berada di sebelah barat Gedung Graha Krida Sari menuju area Family Garden.

Di area Family Garden, peserta tur akan mendapatkan program Sekolah Buah yaitu belajar tentang budidaya tanaman Jambu Biji dan pengenalan manfaat serta sisi lain dari Jambu biji seperti praktek uji coba kadar vitamin C pada Jambu Biji, praktek membuat arus listrik dari Jambu Biji, praktek menanam Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) 3 in 1 yaitu 1 pohon berbuah 3 jenis Jambu Biji.

Selanjutnya, dari area Family Garden, peserta tur melanjutkan perjalanan ke wahana kebun Jambu Biji Kristal. Para peserta tur akan disambut oleh petugas kebun dan akan memberikan penjelasan tentang luas area kebun, cara budidaya Jambu Biji Kristal, cara pembungkusan buah, usia panen, dan lain sebagainya.

"Disini peserta tur akan merasakan sensasi atraksi petik buah langsung dari pohonnya. Setiap peserta dipersilahkan memetik dua buah Jambu Biji Kristal dan mendapatkan satu gelas olahan jus segar Jambu Biji Merah Getas," kata Putri. Tur berlanjut ke kebun Bisbul (Diospyros philippensis) atau dikenal juga sebagai Velvet Apple (Inggris) atau Buah Mentega (Indonesia).

Putri menjelaskan, Bisbul merupakan buah yang awalnya hidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder daerah Filipina namun kini telah menyebar diberbagai negeri tropis, termasuk Indonesia. Buah bisbul berbentuk bulat gepeng, berbulu halus seperti beludru. 

Termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae) dan berkerabat dengan Kesemek dan Kayu Hitam. "Dikebun ini peserta tur bebas mencicipi buah bisbul," ujarnya. Putri menambahkan, tur jambu biji masih akan berlangsung menuju kebun koleksi aneka jambu biji yang terletak tidak jauh dari taman Lotus.

Di taman tersebut, pengunjung dalam melihat beberapa varietas antara lain Jambu Biji Brazil, Jambu Biji Sukun Kuning, Jambu Biji Susu, dan Jambu Biji Varigata. "Akhir dari perjalanan tur ini, peserta akan dibawa ke areal danau untuk menikmati panorama keindahan danau seluas 27,5 hektar dengan banyak fasilitas permainan air," katanya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar