About

Information

Jumat, 28 Juni 2013

BNPT: Teroris Jual Narkoba Untuk Mencari Dana

Kamis, 27 Juni 2013 - 19:58:56 WIB
BNPT: Teroris Jual Narkoba Untuk Mencari Dana
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Medan) - Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai peredaran gelap narkoba karena tidak jarang menjadi sarana kelompok teroris guna mengumpulkan dana untuk menjalankan aksinya.

Usai menyampaikan konsep penjagaan infrastruktur dalam pertemuan ketiga pejabat senior APEC Senior Officials Meeting and Related Meetings III (SOM III) di Medan, Kamis (26/06) sore, Deputi Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Harry Purwanto mengatakan, kelompok teroris diperkirakan mulai kesulitan dalam mencari dana yang dibutuhkan.

Hal itu disebabkan pemerintah berupaya untuk menutup setiap lini yang dapat digunakan untuk mendatangkan dana bagi kelompok teroris, baik perbankan mau pun lembaga keuangan tidak resmi lainnya.

Padahal, menurutnya, pendanaan tersebut sangat dibutuhkan. "Pendanaan itu merupakan 'darah' dari aksi terorisme," katanya.

Menurut dia, meski jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi kelompok teroris tersebut membutuhkan dana yang cukup rutin untuk membiayai operasionalnya.

Selain itu,  katanya dia, dana tersebut juga dibutuhkan untuk menyantuni keluarga teroris, merekrut orang-orang baru, membiayai latihan, serta membeli senjata dan peralatan yang dibutuhkan.

Disebabkan mulai mengalami kesulitan, kata Harry Purwanto, kelompok teroris berupaya mencari dana melalui cara lain seperti merampok serta menyelundupkan dan mengedarkan narkoba.

Dari penyelidikan dan penelusuran selama ini, BNPT memiliki kasus yang menunjukkan pemanfaatan dana dari peredaran gelap narkoba untuk membiayai aksi terorisme. 

"Ada beberapa (kasus teroris mencari dana dengan mengedarkan narkoba)," katanya tanpa menyebutkan kasus tersebut. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar