About

Information

Jumat, 28 Juni 2013

Mantan Pemain Milan Borgonovo Tutup Usia

Jumat, 28 Juni 2013 - 11:25:14 WIB
Mantan Pemain Milan Borgonovo Tutup Usia 
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (Milan) - Mantan pemain depan AC Milan dan Fiorentina, Stefano Borgonovo, meninggal dalam usia 49 tahun setelah berjuang mengatasi penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), demikian pernyataan dari Liga Italia, Kamis (27/06).

Borgonovo, yang menulis sendiri biografinya kendati hanya mampu menggunakan matanya saat menulis di komputer, mengalami penyakit itu sejak 2006. Ia meninggalkan seorang istri dan empat anak.

Ia mengumumkan tentang penyakitnya pada 2008 bersamaan dengan peluncuran Yayasan Stefano Borgonovo.

ALS merupakan penyakit yang menyerang syaraf motorik "neurone" dan juga pernah menyebabkan meninggal mantan kapten Genoa, Gianluca Signorini, dalam usia 42 tahun pada 2002.

Dikenal dengan nama penyakit Lou Gehrig di Amerika Serikat setelah kematian pemain kondang bisbol itu pada 1941, ALS menyerang syaraf pada otak dan sensor motorik (spinal cord), menyebabkan terjadi penyusutan pada otot.

Pada populasi umum, ada sekitar 2,5 kasus per 100.000 orang per tahun. Statistik menunjukkan kasus ALS banyak terjadi pada mantan pemain sepak bola profesional di Italia ketimbang pada masyarakat umum.

Borgonovo mengawali karirnya bersama klub Como dan bermain di Milan pada 1986 hingg 1990, ketika ia memenangi Piala Eropa, kendati ia lebih banyak sebagai pemain cadangan bagi Marco van Basten.

Ia pindah ke Fiorentina selama dua musim, kemudian bermain di Pescara dan Udinese. Ia memenangai tiga laga internasional (cap) untuk Italia.

"Terima kasih atas segala yang sudah kamu berikan kepada kami selama ini. Ciao, Stefano," tulis pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, salah seorang teman lama dan satu tim Borgonovo, seperti tertulis dalam Twitternya. (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar