About

Information

Jumat, 28 Juni 2013

Ilmuwan Temukan Bintang di Zona "Layak Huni"

Jumat, 28 Juni 2013 - 02:49:48 WIB
Ilmuwan Temukan Bintang di Zona "Layak Huni"
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Cape Canaveral) - Ilmuwan menemukan bintang Gliese 667C yang memiliki enam planet dan tiga di antaranya berputar di lokasi yang disebut "layak huni", dimana suhu bisa mendukung keberadaan air cair permukaan.

Planet itu, dan dua saudaranya yang baru ditemukan, berukuran lebih besar dari Bumi, tapi lebih kecil dari Neptunus.

"Ini untuk pertama kali tiga planet seperti itu ditemukan mengorbit di zona ini dalam satu sistem," kata astronom Paul Butler dari Carnegie Institution di Washington D.C. dalam satu pernyataan yang dikutip Reuters.

Para ilmuwan menyebut penemuan tiga planet dalam satu bintang di zona layak huni akan meningkatkan dorongan untuk menemukan dunia serupa Bumi yang kondisinya mungkin sesuai untuk evolusi kehidupan.

"Alih-alih melihat 10 bintang untuk mencari satu yang potensial dihuni, kami sekarang tahu kami bisa melihat hanya satu bintang dan berpeluang besar menemukan beberapa," kata astronom Rory Barnes dari University of Washington.

Observasi tambahan pada Gliese 667C dan hasil analisis ulang data-data menunjukkan bahwa bintang itu menjadi induk bagi setidaknya enam, dan mungkin tujuh planet.

Bintang itu berada relatif dekat dengan Bumi, hanya 22 tahun cahaya atau sekitar 207 triliun kilometer jauhnya, demikian menurut hasil riset yang akan dipublikasikan di jurnal Astronomy & Astrophysics pekan ini. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar