About

Information

Jumat, 15 Maret 2013

Apakah Aklamasi KLB Jadi Serangan Balik Bagi Kubu Cikeas?

Jumat, 15 Maret 2013 - 01:50:37 WIB
Apakah Aklamasi KLB Jadi Serangan Balik Bagi Kubu Cikeas?
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Pengamat politik J Kristiadi menilai jika Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat berakhir dengan aklamasi diperkirakan akan menyerang balik kubu Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono.

"Aklamasi akan memuluskan kongres, tetapi kalau dipaksakan dan tidak bisa dibaca secara cermat akan menyerang balik SBY," katanya usai seminar bertajuk "Kode Etik Jurnalistik dan Penggunaan Bahasa Dalam Pemberitaan Media" di Auditorium Adhiyana, Wisma Antara, Jakarta, Kamis (14/03).

Peneliti senior Center for Strategic and International Studies (CSIS) itu mengatakan saat ini tidak ada lagi otoritas yang bisa memaksakan kehendak orang banyak, apalagi kubu tertentu.

Menurutnya, KLB tersebut juga terlepas dari organisasi yang menaungi kubu Anas Urbaningrum yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). "Saya kira ini terlepas dari organisasi karena persoalan Anas itu urusan pribadi," katanya.

Sementara itu, pakar komunikasi politik Effendi Gazali mengatakan kecil kemungkinan bagi Partai Demokrat untuk mengadakan aklamasi dalam KLB.

"KLB ini masih lama. Jadi, kemungkinan kecil kalau ujung-ujungnya aklamasi," katanya.

Menurut Effendi, jika akan berakhir dengan aklamasi, Partai Demokrat tidak perlu sampai jauh-jauh hari menyiapkan KLB tersebut.

"Semakin panjang tarik ulur waktunya, semakin sulit untuk melakukan aklamasi. Kalau berakhir dengan aklamasi, mungkin KLB tersebut sudah diselenggarakan sejak minggu lalu," katanya.

Dia menilai akan ada dua kubu pada KLB yang akan diadakan di Bali akhir Maret mendatang, yakni kubu Cikeas (Susilo Bambang Yudhoyono) dan kubu mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

"Kalau kubu Anas ini riil dan solid, maka akan melakukan taktik yang paling pintar dan ini akan menjadi pertarungan anak-anak muda di berbagai daerah," katanya.

Hal berbeda disampaikan pengamat politik dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi. Ia menilai aklamasi mungkin saja terjadi jika ada kompromi di antara dua kubu.

"Tergantung sejauh mana elit Partai Demokrat membangun penyelesaian ini karena akan melibatkan dua faksi, yakni faksi Cikeas dan faksi Anas," katanya.

Namun, jika KLB tidak berakhir dengan aklamasi maka akan ada pertarungan dan gelora seperti pada waktu kongres di Bandung tahun 2010.

KLB Partai Demokrat akan diselenggarakan di Bali, 30 Maret 2013, untuk memilih ketua umum pengganti Anas Urbaningrum yang menyatakan berhenti dari jabatannya setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).(K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar