About

Information

Kamis, 07 Maret 2013

Festival Mancing Jadi Agenda Wisata Tidore Kepulauan

Selasa, 05 Maret 2013 - 13:13:42 WIB
Festival Mancing Jadi Agenda Wisata Tidore Kepulauan
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Ternate) - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara memasukkan Festival Mancing Mania ke dalam agenda wisata daerah itu dan akan digelar pada akhir Maret 2013 sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Tidore (HJT) ke-905.

"Pelaksanaan Festival Mancing Mania pada tahun 2012 lalu mendapat respon baik dari masyarakat Kota Tidore Kepulauan," kata kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Solemen di Ternate, Selasa (5/03).

Ia mengatakan Festival Mancing Mania merupakan bagian budaya dan pemerintah daerah memasukkan kegiatan itu sebagai pendukung dalam peringatan Hari Jadi Tidore ke-905.

"Mancing Mania saat ini telah masuk dalam kalender kegiatan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata sehingga kami memasukannya sebagai bagian dari kegiatan pendukung Hari Jadi Tidore ke-905," tegasnya.

Ia menyebutkan saat ini pihaknya melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara Mancing Mania di Kelurahan Soadara dan kegiatan itu akan digelar pada akhir Maret 2013.

Asrul mengatakan rapat persiapan telah dilakukan yang dihadiri Asisten I Pemkot Tidore Kepulauan, Mochtar Sangaji, Bobato Adat Kesultanan Tidore, Panitia Hari Jadi Tidore dan Panitia Mancing Mania di Kantor Dinas Pariwisata.

Salah satu kesepakatannya adalah setiap perahu peserta adalah dalam bentuk perahu kora-kora (armada laut kesultanan) untuk menambah suasana dan ciri khas budaya Tidore.

"Peringatan Hari Jadi Tidore ini diharapkan melibatkan masyarakat Tidore Kepulauan, baik dari elemen pemuda, kelompok profesi maupun lainnya karena selain Festival Mancing Mania, juga akan digelar kegiatan pendukung lainnya," kata Asrul. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar