About

Information

Rabu, 27 Maret 2013

Pengamat: Pencalonan SBY, Ciri Demokrat Akan Runtuh

Rabu, 27 Maret 2013 - 07:28:57 WIB
Pengamat: Pencalonan SBY, Ciri Demokrat Akan Runtuh
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Sosiolog Universitas Nasional Nia Elvina, MS.i menilai apabila Susilo Bambang Yudhoyono atau Ibu Ani Yudhoyono mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, dalam perspektif sosiologi kondisi itu mencerminkan bahwa partai tersebut akan mengalami keruntuhan.

"Ini juga merupakan salah satu ciri suatu partai yang akan mengalami keruntuhan. Sebab, jika kepercayaan di antara kader partai sangat rendah, maka politik yang berkembang masif, dan politik konspiratif," katanya di Jakarta, Rabu (27/03).

Menurut dia, masyarakat juga akan mengenang SBY lebih mengutamakan partai, ketimbang 'concern' mengurusi rakyatnya, yang masih banyak didera kemiskinan.

Anggota Kelompok Peneliti Studi Perdesaan Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan utang atau janji kepada rakyat ketika kampanye dahulu belum banyak terwujud, terutama program-program yang sangat mendasar bagi kemajuan bangsa, seperti reforma agraria.

Sebagai seorang presiden atau pemimpin Indonesia, kata dia seharusnya SBY konsentrasi penuh untuk kepentingan rakyat, dan kemajuan bangsa.

Ketika SBY sudah terpilih menjadi Presiden tahun 2004, katanya, peran dan statusnya sudah melampaui, tidak hanya sebagai seorang ketua umum Partai Demokrat.

"Mestinya SBY sudah harus bisa menyuluhi dan mewujudkan kemauan rakyat yang tercantum dalam konstitusi kita dan Pancasila," katanya.

Nia Elvina mempertanyakan apakah SBY tidak tergugah hatinya ketika banyaknya sanjungan terhadap Presiden Venezuela Hugo Chavez yang pada hari Selasa (5/03) meninggal sebagai pemimpin pewaris pemikiran Presiden Soekarno yang sangat peduli pada kesejahteraan rakyatnya.

"Dan media massa internasional dengan lantangnya menyebut bahwa pewaris pemikiran Soekarno bukan orang Indonesia," kata Sekretaris Program Sosiologi UNAS itu.

Menurut dia, SBY harus melakukan refleksi, dan jangan terlalu mendengarkan sanjungan di sekitarnya. Tetapi SBY harus sering turun ke bawah melihat perkembangan rakyatnya. "Jika tidak, yang dikenang dari SBY nanti adalah pemimpin yang hanya memusatkan pada kepentingan golongannya sendiri," katanya. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar