About

Information

Kamis, 07 Maret 2013

WNI Aman dari Lokasi Konflik di Malaysia

Kamis, 07 Maret 2013 - 06:06:59 WIB
WNI Aman dari Lokasi Konflik di Malaysia
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Warga Negara Indonesia (WNI) di Sabah, Malaysia, yang diungsikan ke tempat pengungsian dalam keadaan aman, kata Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri (Kemlu), PLE Priatna di Jakarta.

Dalam siaran pers Kemlu yang diterima pada hari Rabu (6/03), menyebutkan Priatna yang menyampaikan perkembangan terakhir WNI di Sabah, mengatakan tempat pengungsian berjarak sekitar 130 km dari pusat konflik.

Kemlu melalui KJRI Kota Kinabalu terus memantau dan berkomunikasi dengan pihak Pemerintah di Sabah, katanya. Sejak 4 Februari 2013, semua penduduk di kawasan kampung Tanduo harus meninggalkan tempat tinggal berpindah sementara ke lokasi yang lebih aman.

"Setiap penduduk, tidak terkecuali WNI yang berada di radius 20 km dari area konflik telah dipindahkan dan mereka berada di tempat yang aman," tambah Priatna. Dari Kota Kinabalu, Konjen Soepeno Sahid menuturkan terus berkoordinasi secara intens dengan aparat keamanan dan manajemen Felda (Federal Land Development Agency), instansi perladangan di Malaysia.

KJRI telah mengirimkan surat resmi ke Ketua Majelis Keselamatan Negara Negeri Sabah. Dalam surat tersebut KJRI meminta jaminan keselamatan terhadap WNI/TKI. KJRI juga meminta Majelis Keselamatan Negara Negeri Sabah untuk menyampaikan info atau perkembangan penanganan aparat keamanan atas insiden Lahad Datu.

Selain itu, KJRI juga mengirim surat ke seluruh manajer ladang sawit se-Sabah untuk meminta pihak manajemen menjaga keselamatan WNI/TKI dan membekali para WNI/TKI dokumen perjalanan untuk keperluan keluar ladang.

Layangkan Himbauan
Di samping langkah-langkah tersebut, KJRI juga telah menyampaikan himbauan kepada para WNI/TKI yang berada di wilayah Pantai Barat, Wilayah Pedalaman, Wilayah Kudat, Wilayah Sandakan, dan Wilayah Tawau supaya tetap tenang dan tidak terprovokasi atas informasi yang bukan berasal dari sumber resmi.

KJRI Kota Kinabalu dan Konsulat Republik Indonesia di Tawau senantiasa berkoordinasi dengan aparat keamanan dan instansi terkait di Sabah guna mendapatkan informasi terkini atas situasi dan kondisi WNI/TKI di seluruh Wilayah Sabah. (K-4/EIO)

Bagi WNI/TKI yang menginginkan informasi terkait mengenai situasi dan kondisi terkini dapat menelepon, sms atau surat elektronik ke :

KJRI Kota Kinabalu
Telp : (088) 218600, 218258,219110
HP :  (+60) 1116040857 (+60) 168809277
Email : kotakinabalu.kjri@kemlu.go.id 

0 komentar:

Posting Komentar