About

Information

Jumat, 07 Juni 2013

NTB Gelar Festival Terumbu Karang 2013

Jumat, 07 Juni 2013 - 14:38:22 WIB
NTB Gelar Festival Terumbu Karang 2013
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Mataram) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar festival terumbu karang 2013 di Pulau Lombok pada Minggu (9/06) sebagai upaya menyadarkan pentingnya perlindungan dan penyelamatan ekosistem kawasan segitiga terumbu karang.

"Kegiatan bertajuk Festival Coral Triangle Day 2013 ini akan dipusatkan di Pantai Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, dan akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah NTB Tri Budiprayitno di Mataram, Jumat (7/06).

Ia menjelaskan Festival Coral Triangle Day 2013 di Lombok itu merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang digelar di Pantai Kedonganan, Kecamatan Kuta dan Pantai Samuh Kecamatan Kuta Selatan pada 9 Juni 2012, yang juga melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Festival tersebut merupakan momentum penyelamatan terumbu karang di daerah itu. Kegiatan tersebut diharapkan meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap penyelamatan ekosistem terumbu karang yang penting dalam upaya mencapai ketahanan pangan dan keberlanjutan sumber daya perikanan.

Pelestarian terumbu karang sejalan dengan konsep "blue economy" sebagai paradigma baru pembangunan kelautan dan perikanan.

Prinsip "blue economy" seperti pemanfaatan sumber daya alam secara efisien, rendah emisi karbon dan pengelolaan limbah serta inklusivitas sosial.

Tri mengatakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo akan membuka festival tersebut sekaligus melakukan penyerahan secara simbolis beberapa bantuan kelautan dan perikanan terutama untuk kegiatan pengelolaan kawasan pesisir dan laut yang berkelanjutan.

"Pak Menteri akan menyerahkan karung yang akan digunakan untuk penataan kawasan pantai, sekaligus menanam vegetasi dan pembersihan pantai," ujarnya.

"Festival Coral Triangle Day" di Lombok itu juga akan dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya," katanya.

Selain itu, festival tersebut juga akan diisi dengan beragam perlombaan seperti lomba jukung layar dan tarik tambang di laut.

Pada kesempatan itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dan dinas teknis terkait akan menyampaikan kebijakan pemerintah daerah dalam mitigasi bencana dan adaptasi perubahan iklim.

Materi lainnya yaitu penyadaran masyarakat dalam upaya mitigasi bencana dan perubahan iklim serta penyiapan masyarakat dalam menghadapai bencana di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Juga diagendakan kegiatan lain seperti pemutaran film mitigasi bencana, konservasi satwa laut dan pertunjukan wayang, yang semuanya dipusatkan di Pantai Loang Baloq," ujar Tri.  (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar