About

Information

Kamis, 10 Januari 2013

Techno, Kamis 10 Januari 2013

Kamis, 10 Januari 2013 - 16:56:23 WIB
Indonesia Harus Memulai Mobil Listrik 
Diposting oleh : Administrator


Komhukum (Surabaya) - Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan bahwa Indonesia harus berani memulai mobil listrik nasional dan tidak boleh berhenti hanya karena insiden Tucuxi yang dialaminya di Magetan (5/01).

"Yang jelas saya kagum dan sudah mencoba Tucuxi dalam jarak 1.000 kilometer, kecelakaan itu harus membuat kita menjadi tahu kelemahannya," katanya kepada pers di Mapolda Jatim, Kamis (10/01).

Setelah dimintai keterangan oleh penyidik di lantai 2 Gedung Regional Traffic Management Centre (RTMC) Ditlantas Polda Jatim, Surabaya, ia menjelaskan andai kata uji coba dilakukan di Jakarta atau Sirkuit Sentul, maka kelemahannya tidak akan diketahui.

Jadi katanya program mobil listrik nasional itu harus lanjut, karena mobil masa depan adalah mobil listrik, sebab energi fosil akan habis.

"Apalagi negara maju seperti Amerika juga baru mulai, bahkan Malaysia dan Singapura masih belum. Soal saya kena tilang itu, pejabat di Amerika juga tidak masalah ditilang," katanya.

Menurutnya, Indonesia harus menguasai mobil listrik sebagai mobil masa depan. "Jangan sampai ada kekeliruan seperti masa lalu, karena kita nggak siap, maka pasaran mobil listrik akan dikuasai negara lain dan kita hanya menjadi penonton dan pemakai," katanya.

Oleh karena itu, menteri yang datang memakai kaos warna hijau itu siap dikritik siapapun, termasuk kritik dari rerumputan pun diterima, karena apa yang dilakukan itu semuanya juga dilakukan demi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

"Saya siap terhina, tercemar, tersangka, atau saya siap dengan status apa saja (saksi atau tersangka), dipenjara pun siap karena apa yang saya alami justru bermanfaat untuk kepentingan masa depan mobil listrik nasional yang sudah diprogramkan pemerintah," katanya.

Sebelum dimintai keterangan, Dahlan Iskan yang tiba di Mapolda Jatim pukul 10.30 WIB itu sempat memarkir mobil yang ditumpanginya di Graha Pena (JP Grup), lalu berjalan kaki ke Gedung Tribrata Mapolda Jatim (ruang Kapolda Jatim) dan berjalan kaki lagi ke Gedung RTMC Ditlantas Polda Jatim.

Di Gedung Tribrata Mapolda Jatim, Dahlan sempat menemui Kapolda Jatim Irjen Pol. Hadiatmoko untuk menerima surat minta keterangan, namun Dahlan tidak membukanya, melainkan langsung berjalan kaki menuju Gedung RTMC dengan didampingi Dirlantas Kombes Pol Komarul Zaman untuk dimintai keterangan hingga pukul 12.30 WIB.

"Yang jelas, kalau kita tidak melakukan 'start' itu, maka kita akan mengalami kehabisan energi fosil dan kita tidak siap mengantisipasi akibat belum melakukan apa-apa dengan energi listrik," katanya. (K-5/el)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kamis, 10 Januari 2013 - 15:07:55 WIB
Pemimpin Google Tuntut Kebebasan Internet di Korut
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Beijing) - Pemimpin situs pencarian Google Eric Schmidt menyampaikan kepada Pemerintahan Korea Utara bahwa negara mereka tidak akan berkembang jika mengekang kebebasan internet, kata dia sekembalinya pada Kamis dari kunjungan ke Pyongyang, Korea Utara.

Schmidt mengatakan kepada Pemerintah Korut jika mereka tidak terbuka dengan internet maka mereka akan tetap tertinggal di belakang.

"Sebagaimana dunia yang semakin terhubung, keputusan mereka menutup diri akan mempengaruhi perkembangan mereka terutama pertumbuhan ekonomi," katanya.

"Sekali keterbukaan dimulai, masyarakat di negara itu dapat memulai pembangunan ke arah lebih baik. Pemerintahan Korea Utara harus melakukan sesuatu dengan membolehkan rakyatnya memakai internet." 

Mantan Duta Besar Amerika Serikat Bill Richardson, pemimpin kunjungan ke Korut, mendesak negara pimpinan Kim Jong Un itu untuk mentaati moratorium rudal balistik dan nuklir seiring peluncuran roket mereka bulan lalu.

"Kami mendesak dengan sangat agar Korut untuk terus menjalankan moratorium rudal balistik dan uji coba nuklir," kata mantan gubernur New Mexico itu.

Dua orang tersebut mengatakan gagal melakukan misi utama untuk menemui pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan seorang warga AS Kenneth Bae.

Bae ditahan pada November setelah dinyatakan sebagai teroris oleh pemerintahan Korut. Menurut Kantor Berita Korea Utara KCNA, Bae telah mengakui melakukan tindakan kriminal melawan negara. (K-5/el)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kamis, 10 Januari 2013 - 11:27:15 WIB
Lenovo Smartphone K900 Super Ramping
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Las Vegas) - Produsen laptop Lenovo mengenalkan ponsel pintar premium terbarunya, K900, yang super-ramping dengan layar IPS 5.5 inci.

Dalam pernyataannya disela Consumer Electronics Show 2013 di Las Vegas, Nevada, Lenovo mengatakan, smartphone-nya itu super tipis hanya 6,9 mm dan didukung dengan prosesor Intel Atom. Dengan ketebalan hanya 6.9mm dan berat 162 g membuat perangkat itu mudah dan pas dimasukkan ke saku jaket atau tas tangan, katanya.

Cangkangnya terbuat dari campuran stainless steel dan polikarbonat yang disatukan dalam cetakan uniboby, kuat dan terlihat kokoh dengan badan rampingnya. Permukaan belakangnya didesain halus dan rapi, termasuk kamera belakangnya tidak menonjol dengan tata letak yang apik.

Layar IPS-nya mampu menampilkan gambar dalam 1080 pixel full definisi tinggi beresolusi 400 pixel per inci, layar sentuh kapasitif Gorilla 2, terlindung, karena dilapisi kaca.

K900 dilengkapi kamera 13 MP dengan sensor Exmor Sony BSI yang dikenal berkinerja baik, sudut pandangnya lebar hingga 88 derajat. Ponsel ini akan tersedia di China mulai April, sementara di negara lainnya menyusul kemudian, tapi Lenovo belum mengungkapkan berapa harganya. (K-4/EIO)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kamis, 10 Januari 2013 - 11:26:00 WIB
Panasonic Ramaikan Pasar Tablet Windows
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Jakarta) - Pabrikan elektronika Panasonic Corporation turut meramaikan pasar tablet bersistem operasi Windows 8 Pro dengan meluncurkan ToughPad FZ-G1 di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013 AS.

Dengan bobot sekitar satu kilogram, Panasonic mengklaim tablet berlayar 10 inci itu teringan di segmen pasar pengguna segala medan. ToughPad FZ-G1 menggunakan prosesor Intel Core i5VPro, kartu RAM empat hingga delapan giga bit, kapasitas penyimpanan data hingga 256 giga bit, dan baterai berdurasi delapan jam.

Tablet yang dilengkapi konektivitas HDMI, USB 3.0, WiFi, Bluetooth, dan jaringan 4G itu mempunyai keunggulan tahan jatuh hingga empat kaki (sekitar 120 cm), kedap air dan debu dengan nilai IP65. Sebelum FZ-G1, Panasonic juga telah mempunyai dua produk tablet bersistem operasi Android, ToughPad FZ-A1 (10 inci) dan ToughPad FZ-B1 (tujuh inci).  (K-4/EIO)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dahlan Akui Tucuxi Proyek Pribadi 
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Jakarta) - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengakui pengembangan mobil listrik Tucuxi merupakan proyek pribadi, tidak ada kaitannya dengan progam mobil listrik nasional.

"Ini bukan proyek pemerintah ataupun BUMN, namun saya hanya ingin menjadi konsumen pertama mobil listrik di Indonesia," kata Dahlan sebelum mengikuti Rapat Koordinasi Soal Pembangunan Pembangkit Listrik di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/02).

Menurut Dahlan, langkahnya yang dinilai sejumlah kalangan gencar mengembangkan mobil listrik lebih karena keinginannya agar kendaraan tanpa bahan bakar minyak itu makin populer di Indonesia.

Karena, menurut dia, siapapun berhak untuk berinisiatif mengembangkan mobil listrik. "Soal mana yang paling baik dan diterima masyarakat, ya itulah yang akan dipilih," kata Dahlan.

Dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah (RPJM) pemerintah memiliki program pengembangan mobil listrik nasional.

Pihak yang terlibat meliputi Kemendikbud sebagai pusat riset dan pengembangan, Kementerian Perhubungan, Kemenristek, Kementerian BUMN, Kementerian BUMN, BPPT, termasuk dengan perguruan tinggi yang ditunjuk yaitu ITB, UI, UGM, ITS, UNS, dan Politeknik Manufaktur, Bandung.

Untuk itu disepakati pembentukan Pusat Pengembangan Teknologi dan Industri Otomotif (PPTI-O) yang bertugas mengintegrasikan dan mensinergikan sumber daya yang ada, temasuk pengembangan secara sistemik dan berkelanjutan.

Namun Dahlan Iskan yang mantan Dirut PT. PLN ini dengan Tim "Pendawa Putra Petir" berjalan sendiri membuat prototipe mobil listrik mulai dari kategori kecil dengan nama Achmadi Evina, hingga mobil jenis sport "Ferrari" Tucuxi.

Akan tetapi pada uji coba yang dilakukan terhadap Tucuxi, Sabtu (5/1) dengan rute Solo-Surabaya mengalami kendala karena mobil seharga Rp. 1,5 miliar ini menabrak tebing ketika melintasi Dusun Ngerong, Desa Dadi, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Benturan ke tebing tersebut mengakibatkan mobil listrik kategori mewah berwarna merah itu ringsek setelah sebelumnya sempat menyenggol tiang listrik dan sebuah mobil Isuzu Phanter.

Dahlan mengaku, uji coba yang dilakukan tersebut melanggar ketentuan karena tidak mendapat izin. "Saya memang salah, dan saya siap mempertanggungjawabkan kesalahan itu," ujar Dahlan. (K-5/el)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

All New Serena Tawarkan Kemewahan Ala Nissan
Diposting oleh : Administrator 



Komhukum (Jakarta) - Setelah lama tidak mengalami penyegaran, akhirnya Nissan Motor Indonesia (NMI) mengambil langkah serius untuk menyegarkan varian Nissan Serena. Bertempat di Marketing Gallery Ciputra World, Jl Dr. Satrio, Jakarta Selatan, pada hari Selasa (8/01) NMI resmi meluncurkan All New Nissan Serena.

All New Nissan Serena yang diluncurkan merupakan generasi ketiga yang hadir di Indonesia. Hal ini juga terlihat dari mesin jenis baru berkode MR 20 DE (2.0 liter DOHC Direct Injection) dengan transmisi automatic CVT yang menjamin All New Nissan Serena untuk bisa berakselerasi dengan responsive namun tetap halus perpindahan giginya dengan konsumsi BBM yang tetap hemat.

Kali ini NMI menawarkan konsep desain modern dengan kesan tampilan elegan dan mewah melalui varian All New Nissan Serena. Tampilan interior dan eksteriornya yang stylish dan modern semakin memberikan kesan mewah dan ruang dalam yang lapang khas varian Nissan Serena. 

Pintu geser elektrik (sliding door) dengan intelligent key tetap menjadi perlengkapan standar All New Nissan Serena untuk menjamin kemudahan akses penumpang.

All New Serena ditawarkan PT. NMI dalam tiga varian. Tipe 2.0X (terendah) dibanderol Rp. 348 juta. Varian HighwayStar ditawarkan dengan harga Rp 385 juta. Nah untuk varian tertingginya, yakni HighwayStar dengan Panoramic Roof ditawarkan dengan harga Rp 398 juta. Semua harga jual varian tersebut adalah on the road untuk area Jakarta.

Premium MPV lansiran PT. NMI ini ditawarkan dengan enam varian warna, yakni: dark red metallic, ligh green metallic, white solid, grey metallic, briliant silver dan black solid. Di balik semua keunggulan All New Serena ini, PT. NMI optimis All New Serena bakalan mengalahkan Toyota NAV1 dan Mazda Biante yang sudah duluan eksis di aspal RI. (K-5/Iyo)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel "Hoax" Konflik India Dihapus Wikipedia
Diposting oleh : Administrator 



Komhukum (Jakarta) - Laman ensiklopedia multibahasa Wikipedia resmi menghapus sebuah artikel tentang perang di India abad ke-17 yang sebenarnya tidak pernah ada.

Editor Wikipedia, ShelfSkewed, menghapus artikel perang yang disebut Bicholim Conflict itu pekan lalu, setelah lebih dari lima tahun tampil.

Sebelumnya laman ensiklopedia itu menampilkan artikel tentang bentrokan antara Portugal dan Kerajaan Maratha di India tahun 1640 sampai 1641, perang yang tidak dideklarasikan yang kemudian disebut Bicholim Conflict, seperti nama kawasan India utara tempat kebanyakan peperangan terjadi.

Bentrokan itu berakhir dengan traktat perdamaian yang membantu membawa Goa sebagai satu negara bagian India yang independen. Semua itu kenyataannya tidak pernah terjadi. Bicholim Conflict hanya hasil khayalan Wikipedian, sebuah hoax besar dengan 4.500 kata yang berhasil mengelabuhi editor Wikipedia selama lebih dari lima tahun.

Bahkan artikel lelucon itu sempat mendapat label sebagai "Artikel Bagus" hanya dua bulan setelah artikel diunggah pada Juli 2007. Meski artikel sudah dihapus namun pengaruh Wikipedia di Web membuat Bicholim Conflict terus bertahan di jaringan seperti parasit. Konflik itu antara lain masih tercatat di laman New World Encyclopedia dan Encyclo.

"Pencarian dalam jaringan untuk Bicholim Conflict atau beberapa sumber rujukan artikel hanya memuat hasil yang merujuk kembali pada artikel itu," kata ShelfSkewed. Laman The Daily Dot mencatat, konflik Bicholim bukan satu-satunya artikel palsu di Wikipedia.

Artikel palsu tentang alat penyiksa yang disebut Crocodile Shears dihapus setelah lebih dari enam tahun tampil dan penjelasan tentang pembunuh Julius Caesar bernama Gaius Flavius Antoninus dihapus setelah delapan tahun. (K-4/EIO)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Intel Bidik Ponsel Pintar di Emerging Market
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Las Vegas) - Intel akan meningkatkan upayanya membuat chip untuk ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya yang menyasar pasar "emerging market" (pasar ekonomi bertumbuh) dan segmen yang nilainya tumbuh sangat cepat.

Pada pameran produk tekno terbesar di dunia, Consumer Electronics Show, Intel menyatakan tekadnya menjadi pemain besar pada pasar mobile yang terus membesar itu. Untuk itu, Intel berencana menciptakan platform ponsel baru untuk pasar ekonomi bertumbuh yang selama ini menjadi salah satu dari pasar paling cepat tumbuh untuk perangkat ini.

"Hal terbaik dari Intel adalah mengantarkan perangkat mobile di dekat Anda," kata bos Intel, Kirk Skaugen, seperti dikutip AFP.  "Kami tengah mengantarkan peningkatan terbesar dalam efisiensi baterai dalam sejarah Intel sambil mengimbuhkan interface-interface baru melalui sentuhan, suara, pengenalan wajah, dan interaksi berbasis gestur tubuh."

Intel berencana meningkatkan performa dan penghematan energi prosesor Atom dengan mempercepat penawaran mobile mereka dalam tingkat yang tak pernah terjadi sebelumnya, pada 2013. Intel mengungkapkan, platform berbasis prosesor Atom hemat energinya akan menyasar segmen pasar ponsel pintar yang diperkirakan mencapai 500 juta sampai 2015.

Intel adalah produsen chip komputer terbesar di dunia, namun tengah berjuang melawan beralihnya konsumen dan bisnis ke perangkat mobil yang ditempeli prosesor berbeda-beda. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar