About

Information

Kamis, 10 Januari 2013

Wisata, Kamis 10 Januari 2013

Kamis, 10 Januari 2013 - 09:34:43 WIB
Pengunjung Objek Wisata Gunung Kidul Membludak
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 



Komhukum (Gunung Kidul) - Realisasi retribusi objek wisata dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama 2012 mencapai Rp. 3,9 miliar atau 125 persen dari target yang ditetapkan Rp. 3,1 miliar.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul, Wijang Eka Aswarna mengatakan capaian retribusi objek wisata tidak terlepas dari peranan pemerintah Gunung Kidul, pelaku wisata, dan masyarakat dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada pengunjung objek wisata.

"Pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) ditargetnya sebesar Rp. 2,3 miliar, tetapi pada pertengahan 2012 berdasarkan peningkatan jumlah pengunjung yang di luar perkiraan, target kembali dinaikan menjadi Rp. 3,1 miliar. Realisasinya di luar prediksi capaian retribusi yakni Rp. 3,9 miliar per 28 Desember," kata Wijang kepada media, Kamis (10/01).

Wijang mengatakan, jumlah pengunjung objek wisata khusus pantai hingga 17 Desember mencapai 888.744 orang. Jumlah pengunjung belum mencakup kunjungan di desa wisata seperti Sri Getuk, Goa Pindul dan Nglanggeran yang jumlahnya diperkirakan mencapai di atas 500.000 pengunjung sepanjang 2012.

"Kami optimistis, jumlah kunjungan objek wisata pantai dan desa wisata di Kabupaten Gunung Kidul pada 2013 akan mencapai di atas satu juta pengunjung seperti yang dicanangkan oleh bupati. Untuk itu, kami akan terus meningkatan pelayan kepada pengunjung," katanya.

Dijelaskannya, capaian retribusi pada 01 Januari 2013 mencapai Rp. 64,9 juta atau dengan jumlah pengunjung 129.500 orang. Capaian retribusi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan libur Lebaran 2012 yang hanya mencapai Rp. 23,5 juta dengan total pengunjung sebanyak 47.000 orang.

"Kami mengakui, jumlah pengunjung objek wisata pantai dan desa wisata di Gunung Kidul setiap harinya terus mengalami kenaikan. Meski pada hari biasa, objek wisata banyak dikunjungi dengan rata-rata 3.000 pengunjung. Ini menjadi tantangan bagi kami, untuk meningkatkan pelayanan dan memperbaiki sarana dan prasarana di objek wisata," katanya.

Berdasarkan tingginya jumlah pengunjung objek wisata, kata dia, pada 2013, pemerintah Kabupaten Gunung Kidul mentargetkan retribusi objek wisata sebesar Rp. 4,5 miliar. Penetapan target tersebut, sangat realistis mengingat capaian retribusi dari awal Januari hingga saat ini sudah mencapai diatas Rp. 250 juta.

"Kami optimistis target retribusi akan tercapai, bahkan kami prediksikan capaian akan melebihi target di atas Rp. 4,5 miliar jika seluruh komponen pelaku objek wisata mulai dari penyedia jasa kuliner, penginapan dan masyarakat satu hati memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung. Pemkab Gunung Kidul akan membantu dalam sisi regulasi dan pengembangan prasarana objek wisata," katanya. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar